12Oktober2020
164

TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN, PMI DKI PASTIKAN DONOR DARAH DI MASA PANDEMI BOLEH DAN AMAN

PMI dan Relawan|12 Oktober 2020, 10:16 WIB
Dibaca 164 Kali
Foto:

Jakarta Barat - Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi memastikan bahwa proses donor darah yang dilakukan Unit Donor Darah (UDD) PMI DKI Jakarta senantiasa mengedepankan protokol kesehatan Covid-19.

"Donor darah di masa pandemi boleh dan aman, karena PMI pasti mengedepankan protokol kesehatan Covid-19," ujar Rustam saat meninjau kegiatan donor darah yang dilaksanakan bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Jakarta Barat di Gedung Walikota Jakarta Barat, Kembangan, Jakarta Barat, Senin 12 Oktober 2020.

Disampaikannya, sebelum melakukan donor, pendonor terlebih dahulu diukur suhu tubuhnya dengan thermogun. Lalu, disediakan tempat cuci tangan, tempat tidur donor dijaga jaraknya, dan saat pemeriksaan kesehatan pendonor akan diserahkan masker medis.

"Untuk tempat tidur donor secara simultan dibersihkan cairan desinfektan agar kembali bersih saat pergantian pendonor," sebutnya.

Selain itu, dia menambahkan, bagi petugas donor UDD PMI DKI Jakarta selalu menggunakan pelindung diri saat bertugas. Mereka secara berkala mengikuti uji swap agar bebas dari paparan Covid-19.

Sementara itu, Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto mengatakan, donor darah adalah salah satu kegiatan kemanusiaan perlu didukung. Dalam waktu tiga bulan sekali akan terus diadakan, mungkin ditempat-tempat lainnya di Jakarta Barat.

“Insya Allah, jika ini terus dilakukan badan kita akan lebih enak dan sehat. Jika baru pertama kali, memang kita sedikit kaget. Jika dilakukan berulang-ulang maka kita menjadi lebih sehat dan terbiasa dan darah kita dapat bermanfaat kepada orang banyak,”  jelas Uus Kuswanto.

Penulis : Furqon Zaini


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta