17November2020
191

Teken Perjanjian Kerja Sama, PMI dan Pramuka DKI Tingkat Sinergitas Pelayanan Kemanusiaan di Jakarta

PMI dan Relawan|17 November 2020, 7:44 WIB
Dibaca 191 Kali
123Foto: Humas PMI DKI Jakarta/ Benhil M I Fachri R

PMI DKI Jakarta bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta menandatangani Nota Kesepakatan dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) tentang peningkatan pelayanan kamanusiaan, di Gedung Kwarda Gerakan Pramuka, Jalan Diponegoro 26, Jakarta Pusat, Selasa (17/11/2020).

Perjanjian ditandatangani Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta H. Fadjar Panjaitan serta disaksikan oleh sejumlah pengurus PMI DKI Jakarta dan para Ketua PMI wilayah Kota.

Turut menyaksikan para Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka, perwakilan dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta, perwakilan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, dan perwakilan dari Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta.

Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi mengatakan, penandatanganan nota kesepakatan dan perjanjian kerja sama ini merupakan salah satu upaya untuk lebih mempererat sinergitas PMI dengan Gerakan Pramuka dalam memberikan pelayanan kemanusiaan terhadap masyarakat Jakarta.

"Ada beberapa hal yang dilakukan PMI dan Pramuka yang memiliki persamaan dalam fungsi dan tugasnya, utamanya terkait dengan kemanusiaan," kata Rustam.

Baca Juga : 

  1. PMI DKI Salurkan Bantuan Paket Bahan Makanan untuk Warga Terpapar Covid di Kwitang
  2. Donor Darah Keren, Pramuka DKI Ajak Kaum Milenial Ibukota Berdonor Darah
  3. Buka Pra Muker, Ketua PMI DKI Ingin PMI Semakin Dicintai dan Jadi 'Milik' Masyarakat

Rustam menyebutkan, sejumlah bidang yang menjadi concern kerjasama meliputi peningkatan sumber daya manusia (relawan), bantuan sosial kebencanaan, dan tentunya tentang pelaksanaan donor darah.

"Anggota pramuka memiliki keterampilan yang dapat ditransfer ke relawan PMI. Begitupun sebaliknya, relawan PMI memiliki kamampuan terkait dengan bidang kebencanaan dan itu juga bisa diketuktularkan ke pramuka. Jadi kita bersinergi," paparnya.

Nanti, tambah Rustam, secara spesifik kerjasama tersebut akan diimplementasikan pada tataran tingkatan kepengurusan. Seperti, PMI wilayah kota dapat bekerjasama saat realisasi program pelayanan kemanusiaan dengan Kwarcab Gerakan Pramuka.

"Memang nota kesepakatan dan perjanjian kerjasama ini bersifat umum, perincian dari langkah penerapannya akan dibentuk tim bersama dan akan diturunkan kepada kepengurusan dibawah," jelasnya.

"Semata-mata apa yang kita lakukan untuk kepentingan masyarakat Jakarta. Nantinya, bila masyarakat membutuhkan bantuan kemanusiaan atau lainnya, dengan adanya perjanjian kerja sama ini dapat melalui PMI atau Pramuka," jelasnya.

Sementara, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta H. Fadjar Panjaitan mengungkapkan bahwa pihaknya yang bermula menginginkan adanya kerja sama dengan PMI, karena ada beberapa bidang dan kualifikasi seperti program pramuka peduli.

"Program pramuka peduli pada aplikasinya membutuhkan langkah-langkah dalam tindakan kemanusiaan dan intitusi yang bergerak dibidang kemanusiaan adalah PMI. Kita ingin belajar itu dengan PMI," ujar Fadjar Panjaitan.

Penulis : A. Furqon


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta