13Oktober2020
64

PMI DKI SIAGAKAN 9 AMBULANS PADA UNJUK RASA 13 OKTOBER 2020

PMI dan Relawan|13 Oktober 2020, 5:25 WIB
Dibaca 64 Kali
Foto: Tim Ambulans PMI DKI Jakarta bertugas di titik lokasi kawasan Monas, Jakarta Pusat pada 13 Oktober 2020 (Dok. Bid. Pelayanan Maskas PMI DKI Jakarta)

DKI Jakarta - PMI DKI Jakarta menyiagakan 9 unit mobil ambulans untuk memberikan pelayanan medis pada aksi unjuk rasa pada 13 Oktober 2020. Kesiapsiagaan ini merupakan hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

"Berdasarkan hasil koordinasi, PMI mengerahkan unit ambulans dan personil di 9 titik lokasi yang telah ditentukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Selain titik lokasi yang telah ditentukan, PMI juga menyiagakan 1 unit lagi di masing-masing markas PMI wilayah," sebut Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan Pengurus PMI DKI Jakarta, dr. Sibro Malisi pada Selasa 13 Oktober 2020.

Saat rapat bersama petugas ambulans PMI, Sibro Malisi meminta agar personil PMI yang bertugas senantiasa bersikap ramah dan memberi kesan baik serta mengutamakan profesionalitas dengan tanpa membeda-bedakan orang yang akan ditolong. 

Tim Ambulans PMI DKI Jakarta. (Dok. Bid. Pelayanan Markas PMI DKI Jakarta)

Namun begitu, kewaspadaan tetap diutamakan seperti selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19 saat memberikan pelayanan. Pun demikian dengan penempatan posisi unit mobil ambulans harus pada posisi yang aman baik saat melayani dan melakukan evakuasi.

"Kami minta segera berpindah ke lokasi lain bila posisi awal dalam situasi tidak aman. Hal ini, untuk menjaga keselamatan personil,"  pintanya.

Dijelaskannya, personil ambulans PMI wajib mengedepankan keamanan dan keselamatan diri terlebih dahulu. Dan tak kalah penting, sambungnya, personil selalu menggunakan tanda pengenal dan atribut dengan lambang kepalangmerahan.

"Ini penting, bagaimana kita mau menolong sementara posisi kita tidak aman. Kami minta personil yang bertugas selalu mengutamakan keselamatan diri sendiri sebelum memberikan pelayanan." tegas Sibro Malisi.

Selain berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, disampaikannya, jalur koordinasi terkait keamanan petugas dan unit ambulans juga dilakukan dengan memberikan identitas personil dan data unit ambulans yang diserahkan kepada pihak kepolisian.

Berikut titik lokasi penempatan ambulans PMI DKI Jakarta dan PMI lima wilayah kota;

1. Ambulans PMI DKI Jakarta terdapat di dua unit ambulans berlokasi di depan Gedunga Kementrian Dalam Negeri dan tenda pos kawasan Istana Negara.

2. PMI Kota Jakarta Pusat 2 unit ambulans berposisi di depan Bank Mandiri, Harmoni dan Balaikota Provinsi DKI Jakarta.

3. PMI Kota Jakarta Utara 1 unit ambulans berposisi di depan Hotel Sriwijaya.

4. PMI Kota Jakarta Timur 2 unit ambulans berposisi di Pos Polisi Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan di depan Grand Indonesia.

5. PMI Kota Jakarta Barat 1 unit ambulans berposisi di belakang Indosat arah Jl. Budi Kemuliaan.

6. PMI Kota Jakarta Selatan 1 unit ambulans berposisi di kawasan Taman Ria.

Penulis : Furqon Zaini


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta