15Juli2020
128

PMI DKI Jakarta Gelar Musyawarah Provinsi XII/2020

PMI dan Relawan|15 Juli 2020, 11:38 WIB
Dibaca 128 Kali
5f0eeaa1bcfcdFoto: Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan membuka secara resmi Musyawarah Provinsi PMI DKI Jakarta di Wisma PMI (frabn)

Sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar PMI, Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan Musyawarah Provinsi (Musprov) PMI DKI Jakarta Ke-12 Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2020 di Wisma PMI Jakarta.  

Kegiatan Musprov PMI DKI Jakarta Ke-12 Tahun 2020 dihadiri oleh  Ketua Umum PMI Pusat, Muhammad Jusuf Kalla dan dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Adapun peserta dari Musrov tersebut terdiri dari Pengurus Pusat PMI, Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, Pengurus Kota dan Kabupaten PMI se DKI Jakarta, serta perwakilan Relawan.  

“Melalui  Musprov  PMI DKI Jakarta tersebut nantinya  akan  memilih  Pengurus  Provinsi  PMI DKI  Jakarta  masa bhakti 2020 – 2025,” kata Plt. Ketua Pengurus Provinsi PMI DKI Jakarta, H. Muhammad Muas yang juga Penanggung Jawab kegiatan Musprov. 

“Pencapaian kinerja PMI Provinsi DKI Jakarta tidak terlepas dari Pokok-pokok Kebijakan dan Rencana Strategis PMI Tahun 2019 – 2024,” tambah H. Muhammad Muas.

Peran PMI sebagai mitra bagi pemerintah, dengan tetap menjaga kemandirian dan kenetralan dalam penyelenggaraan Kepalangmerahan kepada masyarakat, sangat penting untuk dipertahankan. 

Dalam upaya menjalankan amanat dari hasil MUNAS PMI Tahun 2019, melalui Musprov tersebut PMI Provinsi DKI Jakarta akan menjabarkan Rencana Strategis PMI secara nasional ke dalam Rencana Program Pokok Pelaksanaan Tugas PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 – 2025. Nantinya Rencana Program Pokok Pelaksanaan Tugas PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2020 -2025 tersebut akan menjadi acuan dalam penyusunan setiap rencana kerja tahunan dan laporan evaluasi pelaksanaan rencana kerja tahunan selama 5 (lima) tahun mendatang.

Dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerhan, PMI memiliki landasan hukum organisasi yang lebih kuat dan tentunya akan melaksanakan tugas yang tertuang dalam BAB V, bagian kesatu, Pasal 22, yang meliputi :

a.   Memberikan bantuan kepada korban Konflik Bersenjata, kerusuhan, dan gangguan keamanan lainnya;

b.   Memberikan pelayanan darah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

c.   Melakukan pembinaan Relawan;

d.   Melaksanakan pendidikan dan pelatihan yang berkaitan dengan Kepalangmerahan;

e.   Menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan kegiatan Kepalangmerahan;

f.    Membantu dalam penanganan musibah dan/atau bencana di dalam dan di luar negeri;

g.   Membantu pemberian pelayanan kesehatan dan sosial; dan

h.   Melaksanakan tugas kemanusiaan lainnya yang diberikan oleh Pemerintah;

Dengan diterbitkannya Undang-Undang Kepalangmerahan tersebut, PMI kedepan juga harus mampu menyesuaikan diri terhadap fenomena globalisasi dan dinamika kehidupan di dalam negeri yang dapat mempengaruhi eksistensi dan keberlangsungan organisasi PMI, khususnya di wilayah DKI Jakarta. PMI harus lebih menunjukkan keunggulan, prinsip netralitas dan kemandirian, serta bergerak bersama dengan masyarakat. (Rahman)


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3906666
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta