17Oktober2019
341

PMI DKI Jakarta Gelar JUMBARA PMR IX/2019

PMI dan Relawan|17 Oktober 2019, 2:14 WIB
Dibaca 341 Kali
5da7cddddb48fFoto:

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) IX/2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 15 – 19 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta Timur. Kegiatan Jumbara PMR tersebut diikuti 5.500 peserta, terdiri dari anggota PMR Mula (SD), PMR Madya (SMP), PMR Wira (SMA), Guru Pembina, Pendamping dan Pengurus PMI se DKI Jakarta. 

Kegiatan Jumbara PMR dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatan karakter Kepalangmerahan, serta peran anggota PMR dalam penerapan Tri Bakti PMR sebagai contoh dan pendidik sebaya, melalui pendekatan ketrampilan hidup.

“Palang Merah Remaja adalah cikal bakal Relawan PMI yang berkualitas, yang mampu menjalankan tugas-tugas kemanusiaan dan menjamin kesinambungan organisasi PMI di masa depan,” kata Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Muhammad Ali Reza saat acara pembukaan Jumbara di Bumi Perkemahan Cibubur, Selasa (15/10/2019).

“Melalui berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam Jumbara, anggota PMR dapat mengembangkan kapasitas, keterampilan, dan sikap positif sesuai dengan Tri Bakti PMR,” tutur Muhammad Ali Reza.

Dengan peduli, ceria, dan bersahabat, suasana kompetisi yang sehat didalam Jumbara, selain akan memacu ketrampilan juga akan memupuk kemampuan kerja kelompok yang sangat berguna dalam memupuk rasa kepemimpinan sesungguhnya. 

Jumbara PMR Tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan setiap 5 (lima) tahun sekali. Tahun 2019 merupakan penyelenggaraan Jumbara yang ke sembilan kali. Jumbara PMR ini juga merupakan sarana untuk mengevaluasi penerapan kurikulum pembinaan dan pelatihan PMR serta pembinaan PMR di DKI Jakarta.

Jumbara yang mengambil tema “PMR Sebagai Agen Perubahan“, dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan. Dalam sambutannya, Anies Baswedan mengharapkan kepada para anggota PMR agar dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengabdian serta kepedulian kepada masyarakat melalui wadah Palang Merah Indonesia.

“Sebagai generasi muda dan relawan masa depan, PMR akan terus belajar dan berkarya untuk menghasilkan suatu karya dan pengabdian kepada masyarakat,” tutur Anies Rasyid Baswedan.

“Karya dan pengabdian yang baik akan dihasilkan oleh suatu kepemimpinan yang berkualitas. Oleh karena itu, bakat dan pengembangan jiwa kepemimpinan dalam kader relawan akan terus dikembangkan,” terang Anies Baswedan.

Kegiatan Jumbara PMR dibagi menjadi 3 bidang kegiatan yaitu yaitu Jumpa, Bakti dan Gembira. Bidang Jumpa antara ian Workshop Forpis (Forum Remaja Palang Merah Remaja), Workshop Guru Pembina, Pelatih & Pengurus PMI Bidang PMR & Relawan, Workshop Guru Pembina dan Fasilitator PMR, Latihan Gabungan 7 materi PMR, Traveling 7 materi PMR, Explorasi Hukum Humaniter, YABC (Youth Agent Behaviour Change), dan Kelas Internasional (Kerelawanan di dunia Internasional).

Lalu Bidang Bakti yaitu bakti masyarakat, life skills, videografer cilik, wartawan Muda (News Letter & Media Sosial), dan design.  Pada kegiatan Bakti Masyarakat, nantinya anggota PMR akan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan, Panti Lansia, Google, BNPB, PT Astra, PT Aetra, BMKG dan BPPT.

Serta Bidang Gembira antara lain Abang None, anjangsana, senam pagi, permainan interaktif, drama 7 Prinsip Kepalangmerahan, pameran mini, dan wahana Kepalangmerahan.


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3906666
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta