11September2021
77

Penuhi Kebutuhan Darah Jakarta, Rustam Effendi Sebut PMI DKI Tidak Pernah Tidur

PMI dan Relawan|11 September 2021, 13:14 WIB
Dibaca 77 Kali
Foto: KETUA PMI DKI JAKARTA H. RUSTAM EFFENDI

Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Efendi menybutkan bahwa PMI DKI Jakarta khususnya bidang pelayanan dan donor darah selalu beroperasi selama 24 jam atau tidak pernah berhenti. Hal itu, untuk memenuhi permintaan kantong darah sekitar 400 rumah sakit dan rumah bersalin di Jakarta dan daerah sekitarnya.

"Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta beropersi 24 jam, PMI DKI tidak pernah tidur untuk memenuhi kebutuhan darah bagi masyarakat Jakarta dan daerah sekitar," ujarnya saat menyampaikan sambutan dalam acara Bakti Sosial Donor Darah dan Konvalesen yang dilaksanakan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta di Jalan Utan Kayu, Jakarta Timur, Sabtu (11/9/2021).

Menurut Rustam Effendi, organisasi yang diamanatkan undnag-undang dalam penyelengaraan donor darah dan distribusi darah ke Rumah Sakit adalah PMI. Karena itu, PMI selalu berusaha memenuhi ketersediaan darah untuk masyarakat dan itu 

"Bila hari ini PMI mencari dan menyediakan darah 1.000 sampai dengan 1.200 kantong darah dan besok harus mendapatkan jumlah yang sama. Kondisi ini berlangsung setiap hari. Supaya Jakarta tidak kesulitan darah," tuturnya.

Karena itu, kata Rustam Effendi, dukungan semua pihak sangat diperlukan dan salah satunya adalah dukungan dari Nahdlatul Ulama sebagai organisasi umat terbesar di Indonesia. Bila tiap tingkatan Nahdlatul Ulama rutin mengadakan kegiatan donor darah, tugas dan kewajiban PMI dalam menyediakan kantong darah akan sangat terbantu. 

"Dukungan NU membuat kami tidak khawatir, karena jamaah NU sangat banyak, bila pimpinan NU memerintahkan pengurus dari tingkat kelurahan hingga kota melaksanakan donor darah, PMI sangat bersyukur," ucap Rustam dihadapan Ketua Tanfidziyah PWNU DKI Jakarta KH. Samsul Ma'arif dan Ketua Satgas Donor Plasma Pengurus Besar NU KH. M. Asik Syamsul Huda.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza), Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Ketua Karang taruna Nasional Didik Mukrianto, dan juga dihadiri tamu istimewah yakni Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Nasional Gibran Rakabuming Raka.

Usai mengikuti acara pembukaan dan meninjau langsung kegiatan donor darah bersama para tokoh yang hadir,  Gibran Rakabuming beser menyempatkan diri menyampaikan ucapan selamat kepada Palang Merah Indonesia (PMI) yang berulang tahun ke-76 pada 17 September 2021 mendatang.

Gibran yang juga Walikota Solo dan putra sulung Presiden Joko Widodo ini mengungkapkan bahwa di masa pandemi, PMI memainkan peran penting dengan memastikan ketersediaan darah tetap ada, membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, dan ikut mensukseskan program vaksinasi.

"Saya meyakini, jika warga sehat otomatis ekonomi juga semakin kuat. Sekali lagi Selamat Ulang tahun untuk PMI yang ke 76, PMI bergerak bersama untuk sesama," ungkap Gibran. [Nurhasanudin]


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta