21November2021
85

Kolaborasi Lintas Ormas, BPPKB dan Bang Japar Gelar Donor Darah

PMI dan Relawan|21 November 2021, 13:53 WIB
Dibaca 85 Kali
Foto: Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar ( BPPKB) Banten Provinsi DKI Jakarta dan Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) menggelar donor darah di Pendopo Aksi, Jalan Mushollah, Kelurahan Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (21/11/2021).

Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar ( BPPKB) Banten Provinsi DKI Jakarta dan Kebangkitan Jawara dan Pengacara (Bang Japar) menggelar donor darah di Pendopo Aksi, Jalan Mushollah, Kelurahan  Tengah, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (21/11/2021).

Kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini turut dihadiri langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria; Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi dan Ketua Umum Bang Japar yang juga senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Fahira Idris.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menuturkan, ini adalah kegiatan yang sangat penting dan dikerjakan secara kerelawanan dan penuh solidaritas.

"Aksi ini begitu nyata, ini kali kedua saya ke sini setelah pelaksana vaksinasi beberapa waktu lalu. Saya salut Pak Adi banyak memfasilitasi warga, ini tipe pemimpin yang selalu bersama dengan rakyat," ungkapnya.

Anies menegaskan, kegiatan ini sangat memberikan manfaat langsung untuk masyarakat. Sebab, tidak sedikit warga Jakarta yang membutuhkan darah ini.

"Bagi pendonor ini merupakan suatu kebanggan yang bisa diceritakan kepada putra-putrinya, para pendonor ini juga pahlawan bagi warga lainnya," urainya.

Ketua PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas terealisasinya kolaborasi donor darah ini.

"Kami setiap hari rata-rata harus menyiapkan 1.200 kantong darah. Untuk itu, adanya kegiatan ini sangat membantu upaya menjaga stok daerah yang dibutuhkan masyarakat," bebernya.

Ia meminta masyarakat untuk tidak ragu dalam mendonorkan darahnya. Sebab, selain bisa membantu sesama, donor darah ini juga dapat untuk menjaga kesehatan pendonor.

"Sebelum donor, tentu ada skrining dulu. Jadi, warga sekaligus juga bisa mengetahui kondisi kesehatannya saat akan berdonor," jelas Rustam.

Sementara, Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi yang biasa disapa Aksi mengatakan, dalam pelaksanaan donor darah hari ini ditargetkan sebanyak 600 kantong darah.

"Alhamdulillah, hingga pukul 11.00 sudah ada 362 pendaftar. Semoga ini bisa menjadi pilot project kolaborasi antar ormas untuk berbuat nyata bagi masyarakat," ujarnya, Minggu (21/11).

Adi menjelaskan, donor darah ini sangat perlu dilakukan untuk memastikan stok darah di PMI DKI Jakarta mencukupi, terlebih di masa pandemi COVID-19 saat ini.

"InsyaAllah donor darah kolaborasi ini akan kita adakan rutin, tiap bulan sekali. Untuk menarik minat masyarakat untuk berdonor, saya menyediakan paket sembako dan bingkisan," terang Adi, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar ( BPPKB) Banten Provinsi DKI Jakarta.




Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta