14November2020
147

Donor Darah Keren, Pramuka DKI Ajak Kaum Milenial Ibukota Berdonor Darah

PMI dan Relawan|14 November 2020, 9:41 WIB
Dibaca 147 Kali
Foto: Humas PMI DKI Jakarta/A. Furqon

PMI DKI Jakarta - Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta mengajak anggota Pramuka di SMA dan SMK yang telah berusia berusia 17 tahun atau generasi milenial di Jakarta untuk ikut ambil bagian dalam kolaborasi kemanusiaan dengan rutin berdonor darah.

Wakil Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta, Rationo mengatakan, anggota pramuka yang saat ini duduk di SMA dan SMK atau yang telah berusia 17 tahun agar saat ulang tahun diawali dengan donor darah dan dilakukan dengan rutin sehingga kesehatan mereka terpelihara dengan baik.

"Donor darah itu keren, sehat, dan ibadah. Bagi kaum milineal di Ibokota mari kita mulai berdonor darah," ujar Rationo saat menghadiri kegiatan Donor Darah yang dilaksanaka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Jagakarsa bertempat di Gedung Griyo Dalem, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Sabtu (14/11/2020).

Baca Juga : Buka Pra Muker, Ketua PMI DKI Ingin PMI Semakin Dicintai dan Jadi 'Milik' Masyarakat

Seperti kegiatan Donor darah yang dilakukan Kwaran Gerakan Pramuka Jagakarsa, Ratino menilai bahwa kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang baik dimana dalam pelaksanaannya bersinergi dengan EGP Security dan Rumah Sakit Umum (RSU) Ali Sibroh Malisi serta didukung oleh TNI-Polri dan Perangkat RW setempat.

"Ini adalah contoh kolaborasi dan sinergi yang sangat baik sehingga patut dicontoh untuk Kwartir Ranting Gerakan Pramuka lainnya. Kami berharap, donor darah dapat secara rutin (tiap tiga bulan) dilaksanakan, agar membantu ketersediaan darah di PMI," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta, H. Rustam Effendi (Rusef) yang juga hadir dalam kegiatan itu mengatakan, kolaborasi kemanusiaan donor darah dengan gerakan pramuka ini memang dilaksanakan secara khusus.

Baca Lagi : PMI dan Dinkes DKI Jajaki Kerjasama Integrasi Sistem Informasi Terpadu Ambulans

Karena, sambung dia, PMI DKI Jakarta bersama Kwartir Daerah Gerakan Pramuka DKI Jakarta dalam waktu dekat akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau menjalin Kerjasama dalam sejumlah bidang, antara lain aksi donor darah dan bantuan sosial kemanusiaan.

"Kita berharap kedepan, kerja sama yang baik ini dapat terus terpelihara dan ditingkatkan agar dapat membuahkan manfaat bagi masyarakat Jakarta yang membutuhkan," harap Rustam.

Dalam kegiatan donor darah itu dari target 175 pendonor, 120 mendaftar dan setelah dilakukan pemeriksaan medis sebanyak 108 peserta melakukan donor darah. Pada pelaksanaannya dilakukan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Turut mendampingi Ketua PMI DKI Jakarta dalam kegiatan itu, Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI DKI Jakarta dr. Sibroh Malisi, Bendahara PMi DKI Jakarta Patra Kntri Dahlan, Anggota Pengurus PMI DKI Jakarta Agus Suhada, dan Kepala Markas PMI DKI Jakarta Muhammad Muchtar.

Penulis : A. Furqon


Alamat :

PMI DKI Jakarta
Jl. Kramat Raya No. 47
Jakarta Pusat 10450


Kontak :

Telp : (021) 3908422
Fax : (021) 3144884
Email : [email protected]

Twitter Feed
Kirim Pesan
Copyright 2018 All Rights Reserved -PMI DKI Jakarta