Berita PMI Jakarta Timur Siagakan Posko Lebaran : “Layanan Terbaik untuk Pemudik dan Masyarakat”
23/03/2025

JAKARTA, 23 Maret 2025 – Dalam rangka memastikan kelancaran dan keamanan arus mudik serta arus balik Lebaran Idul Fitri 1446 H, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Timur kembali menggelar Pos Siaga Lebaran.
Berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait, PMI menghadirkan layanan kesehatan, pertolongan pertama, serta ambulans siaga guna memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat selama periode mudik.
Ketua PMI Kota Jakarta Timur, Drs. H.R. Krisdianto, M.Si menegaskan bahwa kehadiran Pos Siaga Lebaran ini merupakan wujud nyata kepedulian PMI terhadap keselamatan masyarakat, sejalan dengan mandat Undang-Undang No. 01 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.
“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pemudik dan masyarakat Jakarta Timur agar tetap sehat dan selamat selama perjalanan mudik. Sesuai dengan slogan tahun ini: ‘Tetap Sehat, Mudik Selamat’,” ujar Krisdianto.
Pelayanan Optimal di Dua Titik Strategis
Pos Siaga Lebaran beroperasi mulai 21 Maret hingga 10 April 2025, berlokasi di Terminal Terpadu Kampung Rambutan dan Terminal Terpadu Pulogebang - dua titik strategis yang menjadi pusat pergerakan pemudik dari Jakarta Timur ke berbagai daerah.
Untuk memastikan respons cepat dalam situasi darurat, PMI menempatkan tiga personel terlatih di setiap posko setiap harinya, mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Para personel terdiri dari tenaga kesehatan profesional serta relawan terlatih dalam pertolongan pertama dan layanan ambulans, sehingga siap menangani berbagai kondisi medis di lapangan.
“Setiap relawan yang bertugas telah memiliki pengalaman dan pelatihan yang mumpuni dalam menangani kegawatdaruratan, sehingga masyarakat tidak perlu ragu terhadap kualitas layanan yang kami berikan,” tambah Krisdianto.
Selain itu, PMI juga menyiagakan petugas siaga 24 jam yang siap merespons situasi darurat. Masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor darurat 112 atau Call Center PMI Kota Jakarta Timur di +62 856-1111-832 untuk layanan ambulans dan penanganan kebencanaan.
Sinergi dengan Berbagai Pihak untuk Pelayanan Maksimal.
PMI Jakarta Timur tidak bekerja sendiri. Dalam operasional Pos Siaga Lebaran ini, PMI berkolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, TNI-Polri, serta berbagai instansi / SKPD terkait lainnya guna memastikan pelayanan kesehatan yang cepat, tanggap, dan humanis bagi masyarakat.
“Kami siap membantu dan bekerja sama dengan pemerintah serta berbagai pihak untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pemudik. PMI hadir bukan hanya untuk memberikan bantuan medis, tetapi juga memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik maupun arus balik,” pungkas Krisdianto.
Dengan kesiapan dan dedikasi PMI Kota Jakarta Timur dalam menghadirkan layanan prima, diharapkan masyarakat dapat menjalani mudik Lebaran dengan sehat, aman, dan nyaman hingga kembali ke Jakarta dalam kondisi terbaik.(abas)
#OpsKetupat1446H
Berkolaborasi dengan berbagai instansi terkait, PMI menghadirkan layanan kesehatan, pertolongan pertama, serta ambulans siaga guna memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat selama periode mudik.
Ketua PMI Kota Jakarta Timur, Drs. H.R. Krisdianto, M.Si menegaskan bahwa kehadiran Pos Siaga Lebaran ini merupakan wujud nyata kepedulian PMI terhadap keselamatan masyarakat, sejalan dengan mandat Undang-Undang No. 01 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan.
“Kami berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pemudik dan masyarakat Jakarta Timur agar tetap sehat dan selamat selama perjalanan mudik. Sesuai dengan slogan tahun ini: ‘Tetap Sehat, Mudik Selamat’,” ujar Krisdianto.
Pelayanan Optimal di Dua Titik Strategis
Pos Siaga Lebaran beroperasi mulai 21 Maret hingga 10 April 2025, berlokasi di Terminal Terpadu Kampung Rambutan dan Terminal Terpadu Pulogebang - dua titik strategis yang menjadi pusat pergerakan pemudik dari Jakarta Timur ke berbagai daerah.
Untuk memastikan respons cepat dalam situasi darurat, PMI menempatkan tiga personel terlatih di setiap posko setiap harinya, mulai pukul 08.00-15.00 WIB. Para personel terdiri dari tenaga kesehatan profesional serta relawan terlatih dalam pertolongan pertama dan layanan ambulans, sehingga siap menangani berbagai kondisi medis di lapangan.
“Setiap relawan yang bertugas telah memiliki pengalaman dan pelatihan yang mumpuni dalam menangani kegawatdaruratan, sehingga masyarakat tidak perlu ragu terhadap kualitas layanan yang kami berikan,” tambah Krisdianto.
Selain itu, PMI juga menyiagakan petugas siaga 24 jam yang siap merespons situasi darurat. Masyarakat yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi nomor darurat 112 atau Call Center PMI Kota Jakarta Timur di +62 856-1111-832 untuk layanan ambulans dan penanganan kebencanaan.
Sinergi dengan Berbagai Pihak untuk Pelayanan Maksimal.
PMI Jakarta Timur tidak bekerja sendiri. Dalam operasional Pos Siaga Lebaran ini, PMI berkolaborasi dengan Suku Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, TNI-Polri, serta berbagai instansi / SKPD terkait lainnya guna memastikan pelayanan kesehatan yang cepat, tanggap, dan humanis bagi masyarakat.
“Kami siap membantu dan bekerja sama dengan pemerintah serta berbagai pihak untuk memastikan kelancaran dan keselamatan pemudik. PMI hadir bukan hanya untuk memberikan bantuan medis, tetapi juga memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman selama perjalanan mudik maupun arus balik,” pungkas Krisdianto.
Dengan kesiapan dan dedikasi PMI Kota Jakarta Timur dalam menghadirkan layanan prima, diharapkan masyarakat dapat menjalani mudik Lebaran dengan sehat, aman, dan nyaman hingga kembali ke Jakarta dalam kondisi terbaik.(abas)
#OpsKetupat1446H