Thu, 31-Jul-2014
Untuk melakukan acara donor darah dapat menghubungi bagian recruitmen di no 3906666 ext 317 atau 306 :: Bantulah saudara-saudara kita yang tertimpa bencana..!! :: bantuan anda dapat disalurkan ke PMI Prov.DKI Jakarta melalui : Rekening BNI Cab. Kramat No : 001.0539529, Rekening BRI Cab. Kramat No : 03350.10.000.105.304 dan Rekening CIMB Niaga Cab. Slipi No : 237.01.00.140.00.4 :: PMI bekerjasama dengan Qtel-Indosat melaksanakan bakti sosial pasca banjir di RW04 kelurahan Ancol, Jakarta Utara, Sabtu 16 Februari 2013
pmi-dki

Diseminasi

Sejarah Lambang

Tahun 1859 Jean Henry Dunant menyaksikan peperangan di Solferinoo, dimana ribuan tentara yang terluka parah terlantar sekarat tanpa ada yang merawat, dan tubuh mereka terbaring mengundang para penjarah dan pemusnah.
Pelayanan kesehatan militer tak mampu untuk memenuhi tugasnya, salah satu alasannya adalah mereka tidak menjadi yang terbedakan dengan lambang seragam yang mudah dikenali oleh semua pihak yang bertikai.
- Lambang sebagai sebuah Simbol
- Simbol Perlindungan

Inilah yang terpenting dari tujuan lambang. Pada masa konflik, lambang tersebut yang dihasilkan oleh Konvensi Jenewa merupakan suatu tanda perlindungan yang mudah terlihat. Ini dimaksud agar diketahui oleh para kombatan (pihak yang berperang), bahwa orang-orang (Sukarelawan dari Perhimpunan Nasional/orang medis), Unit Medis (Rumah Sakit, Pos P3K), dan sarana transportasi (laut, udara dan darat) dilindungi oleh Konvensi Jenewa dan Protokol Tambahan.
Ketika digunakan sebagai alat perlindungan, lambang tersebut harus bisa menggetarkan perasaan diantara para Kombatan, sebagai rasa penguasaan diri sekaligus rasa penghargaan. Oleh karena itu harus berukuran besar.

Simbol Pengenal
Pemakaian lambang sebagai pengenal dirancang untuk memperlihatkan, terutama pada masa damai, bahwa seseorang atau suatu objek berkaitan dengan gerakan Palang Merah atau Bulan Sabit Merah Internasional.
Dalam hal ini lambang harus berukuran lebih kecil. Lambang juga harus berfungsi sebagai tanda bahwa semua institusi yang pekerjaannya berkaitan dengan prinsip-prinsip dasar gerakan haruslah juga melambangkan ke 7 prinsip dasar gerakan (Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandiriaan, Kesukarelaan, Kesatuan dan Kesemestaan).

Siapa Yang Berhak Memakai Lambang?

I. Dalam Masa Damai

Tanda Pengenal (ukuran kecil)
Ambulans-ambulans dan Pos P3K yang dikelolah oleh pihak ketiga boleh memasang lambang tersebut sebagai tanda pengenal, tetapi hanya pada masa damai dan pada siatuasi yang memang ditentukan oleh Undang-undang Nasional. Perhimpunan Nasional lebih berhak untuk menggunakan semacam itu, dan pos-pos bantuan yang semata-mata dimaksud untuk pelayanan bantuan cuma-cuma.

Tanda Pengenal (ukuran besar)
Penggunaan lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah oleh pihak-pihak yang tidak berhak (perusahaan komersial, lembaga swadaya masyarakat, perseroan, dokter, atau apoteker pribadi, dan seterusnya).

Penggunaan Yang Melanggar Ketentuan
Adalah suatu kejahatan perang bila lambang Palang Merah atau Bulan Sabit Merah pada masa perang dipakai untuk melindungi Kombatan yang bersenjata atau peralatan militer (panser, helicopter berlambang untuk mengangkut tentara atau kendaraan amunisi yang ditutupi dengan gambar lambang).

UPDATE STOCK DARAH

Per : 25-July-2014 Jam 01:22 WIB

Gol.Darah Jenis Komponen darah
WB TC PRC
A 7 170 244
B 13 156 381
AB 2 82 126
O 23 162 428

Informasi

Follow Us on Twitter