Dengarkan Aspirasi Relawan, Ketua PMI DKI : Relawan Komponen Penting PMI

Ketua PMI DKI Jakarta H. Rustam Effendi menyatakan bahwa relawan merupakan komponen penting dan keberadaannya sangat strategis untuk PMI. Hal itu disampaikanya saat menghadiri Sarasehan Relawan PMI se-DKI Jakarta Tahun 2022 di Aula Lt. 5 Gedung PMI DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya 47, Minggu (18/6/2022).

Menurutnya, relawan adalah komponen PMI terdapat pada pasal 14 AD/ART PMI. Bahkan, sambung dia, dalam Undang-undang No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dinyatakan bahwa salah satu tugas PMI adalah melakukan pembinaan terhadap relawan.

“Keberadaan relawan sangat strategis, relawan salah satu komponen PMI yang perannya sangat penting dan diatur dalam tata aturan yang benar dinyatakan dalam Undang-undang dan AD/ART,” ungkap Rustam.

Info Lainnya :

Dikatakan Ketua PMI DKI, kedudukan relawan sama pentingnya dengan komponen PMI lainnya, seperti pengurus, pegawai, dan anggota. Bahkan, pada situasi kebencanaan atau pelayanan kepalangmerahaan lainnya, relawan jauh lebih berperan.

“Misal di Jakarta, penduduknya sekitar 10 juta, tidak mungkin ditangani oleh pengurus dan atau pegawai PMI yang jumlahnya terbatas, disinilah peran relawan. Jadi, dengan kata lain, relawan adalah tulang punggung dan ujung tombak PMI,” tegasnya.

Lebih lanjut Rustam mengatakan, menempatkan relawan pada posisisi strategis sebagaimana diatur dalam AD/ART dan Undang-undang setidaknya ada empat fungsi utama PMI, yakni menyiapkan ketersediaan darah, memberikan bantuan kemanusiaan bila terjadi bencana, bersama pemerintah daerah memberikan pelayanan kesehatan, dan melakukan pembinaan kepada relawan.

“Dari empat fungsi utama itu, keterlibatan relawan sangat penting dan melalui acara ini, saya ingin mendengar pendapat dan masukan dari teman-teman relawan untuk kemajuan PMI,” terang Rustam Effendi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.