Angkat Tema ‘Jakarta Sehat dengan Donor Darah’ Talkshow di Gebyar Donor Darah PMI DKI

Selain menggelar Jalan Sehat, Apresiasi Donor 150 kali, pada ajang Gebyar Donor Darah memperingati Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2022 ini, PMI DKI Jakarta juga mengadakan Talkshow dengan mengangkat tema ‘Jakarta Sehat dengan Donor Darah.

Talkshow yang diikuti para mitra penyelenggara donor darah dilaksanakan di Hotel Grand Cempaka, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dengan menghadirkan narasumber kompeten di bidangnya yakni, dr. T.M Marini M.Gizi.Sp.GK Nutrition Specialist, dr. Alexander Randy Angianto, SpPD, dr.Ni Ken Ritchie dan berlaku sebagai Moderator, Litji Murniati.

Pada sesi tanya jawab, salah seorang peserta mengajukan pertanyaan tentang periode donor darah dan juga yang bertanya tentang kelangsungan donor plasma konvalesen setelah selesainya pandemi Covid-19.

Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta dr. Ni Ken Ritchie, M.Biomed mengatakan untuk periode donor darah saat ini idealnya 61 hari dan atau maksimal 5 kali dalam setahun sesuai dengan peraturan PERMenkes No. 91 tahun 2015.

“Semuanya, kita sosialisasikan ke masyarakat. Pun soal plasma konvalesen, UDD PMI DKI hanya melaksanakan donor tersebut sesuai dengan arahan dari PMI pusat,” jelas Ni Ken.

Pada Talkshow juga dibahas tentang integrasi pelayanan darah yang terdapat pada aplikasi JakBlood. Kepala UDD PMI DKI menjelaskan bahwa pihaknya masih terus melakukan pengembangan utamanya terkait dengan sinkronisasi database dengan aplikasi JAKI.

“Itu merupakan cita-cita dan harapan kami untuk kenyamanan para pendonor agar bisa donor dimana saja dan datanya dapat direkapitulasi,” harapnya.

Acara ditutup dengan pemberian Piagam Penghargaan kepada moderator, Narasumber dan Boneka Sanda (Siap Melayani Anda) sebagai icon PMI DKI Jakarta, dan Pembagian Doorprize kepada para Peserta yang hadir dalam acara Gebyar Donor Darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.