PMI DKI Gelar Orientasi Kepalangmerahan, Rusef : Pengurus Harus Berjiwa Sosial Tinggi

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta H. Rustam Effendi (Rusef) menekankan bahwa untuk mengabdi di PMI harus sungguh-sungguh dan fokus menjalankan amanat dan mandat dari prinsip-prinsip dasar gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.

Hal tersebut disampaikanya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Orientasi Kepalangmerahan untuk Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI tingkat kota dan kabupaten se-DKI Jakarta di Aula Gedung PMI Provinsi DKI Jakarta, Jalan Kramat Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2022).

“Bahwa informasi Kepalangmerahan adalah Hak seluruh pengurus, sesuai AD/ART PMI, Jangan asal jadi pengurus PMI, kita harus tahu betul tugas dan fungsi pengurus sehingga mandat yang kita jalankan mampu membangun dan mengembangkan PMI,” tegas Rustam Effendi dihadapan peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Menurut dia, menjalankan kegiatan kemanusiaan ini, tentunya harus memahami visi dan misi PMI serta AD/ART yang perlu di implementasikan dengan baik. Kemudian, agar kepemimpinan dapat berjalan baik dan efektif, maka pengurus dan manajemen harus memahami dan melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan Tupoksinya masing-masing.

“Penanggulangan bencana, pelayanan sosial, pelayanan kesehatan termasuk pelayanan donor darah, dan pembinaan relawan adalah mandat utama agar PMI mampu menjadi wadah kemanusiaan yang dicintai masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rustam menegaskan bahwa eksistensi PMI akan mendapat apresiasi dan dukungan dari masyarakat jika PMI benar-benar menjalankan mandatnya sebagai organisasi kemanusiaan secara konsisten dan profesional.

Terkait dengan program strategis PMI DKI Jakarta, Rustam Effendi menekankan pada peningkatan pelayanan kepalangmerahan yang mengarah pada pelayanan berbasis digital dengan pemanfaatan teknologi informasi sesuai dengan tantangan yang terjadi saat ini.

“Digitalisasi dan pemanfaatan teknologi adalah tantangan yang harus kita hadapi, maka selaiknya transformasi digital menjadi instrumen penting untuk menjadikan PMI yang lebih baik lagi,” ajak Rustam Effendi.

Selaras dengan itu, Rustam meyakini bahwa kegiatan orientasi kepalangmerahan untuk pengurus baru merupakan hal penting dan harus dilaksanakan. Karena menurutnya, para pengurus harus tahu dan lebih mengenali aksi dan kegiatan sosial kemanusiaan yang dilaksanakan oleh PMI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.