Donor Darah, Cara Apoteker Jakbar Tingkatkan Kepedulian Sosial

Wijaya Kusuma, Jakarta Barat. Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Jakarta Barat menggelar aksi donor darah di markas Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat, pagi hingga siang ini, Sabtu (26/3/2022).

Sulastri, Ketua Bidang Optimalisasi Praktik Profesi dan Pengabdian Masyarakat IAI Jakarta Barat kepada redaksi Kominfo PMI Jakarta Barat menjelaskan, aksi donor darah dilakukan agar para anggota pasukan peracik obat ini terus dapat memelihara dan menumbuhkan jiwa sosial. “Mudah-mudahan terkumpul 150 kantong darah, sehingga dapat membantu PMI memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambah Sulastri.

Selain menumbuhkan jiwa sosial, Sulastri juga berharap acara ini menjadi branding positif bagi organisasi. Selama ini, untuk menumbuhkan image positif terhadap profesi apoteker, IAI telah melakukan sejumlah kegiatan. “Misalnya mengunjungi sekolah dasar, menggelar pemilihan Apoteker Cilik,” sebut Lastri. Acara itu merangsang kecintaan masyarakat, anak-anak khususnya pada pekerjaan seorang apoteker.

Sedangkan di kalangan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), IAI Jakarta Barat kerap menjadi “Guru Tamu” yang memperkenalkan profesi dan keahlian apoteker kepada remaja. “Kami ingin nantinya banyak remaja yang tertarik menjadi apoteker,” imbuh Lastri.

Kembali ke laptop (eh donor darah maksudnya), hari ini bukan pertama kalinya IAI Jakarta Barat menyumbangkan darah di markas PMI Jakarta Barat. “Sudah keempat kali, pertama pada Oktober 2021, lalu Januari 2022, ketiga pada Maret 2022,” jelas perempuan yang sehari-harinya bekerja di Kimia Farma ini.

“Kami optimistis dapat mengumpulkan 150 kantung darah, karena saat ini yang mendaftar untuk jadi donor sudah 180 orang. Berdasarkan pengalaman aksi-aksi donor yang lalu, biasanya sekitar 70-80 persen pendaftar dapat diambil arahnya,” kata Lastri sumringah. Pada kesempatan itu, Lastri dikawal sejumlah teman sejawat, termasuk Diyah Retnaningrum, pengurus IAI Jakarta Barat yang juga Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan, Sosial, RS, dan Pelayanan Darah PMI Jakarta Barat.

Ketua PMI Kota Jakarta Barat, Beky Mardani menghaturkan ucapan terima kasih kepada IAI Jakarta Barat atas sumbangsihnya dalam menjaga ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. “PMI Jakarta Barat saat ini memang sedang menggiatkan aksi donor darah, agar saat bulan suci Ramadan nanti persediaan darah tetap terjaga,” ujar Beky.

Dia juga bercerita, PMI Jakarta Barat sudah menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi berkurangnya stok darah itu, antara lain dengan Suku Dinas Pendidikan dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Dia berharap kolaborasi antara PMI Jakarta Barat dan IAI Jakarta Barat dapat terus berjalan di masa depan. “Sekali lagi terima kasih sudah menjadi pendonor rutin buat PMI Jakarta Barat,” tutup Beky Mardani. (icul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.